Penting Tidaknya Kemasan Makanan ?
Pengusaha kuliner di Indonesia
saat ini sangat berkembang. Bisa dilihat sangat banyaknya jenis kuliner baru
yang beredar dipasaran. Dengan ini bisa kita katakan bahwa persaingan pun akan
semakin ketat. Lalu bagaimana caranya meningkatkan daya jual? Bagaimana jika
dengan menggunakan kemasan makanan unik dalam memacu daya jual makanan anda.
Kemasan makanan yang unik dapat menjadi salah satu yang memiliki peran dalam meningkatkan penjualan, karena salah satu fungsi kemasan makanan adalah sebagai sarana komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label design yang terdapat pada packaging makanan. Oleh karena dari itu box makanan yang dibuat dengan menarik akan memberikan pesan dan kesan yang berbeda kepada calon konsumen yang membuat calon konsumen tertarik dengan produk kita.
Martabak Manis |
Tapi
sayangnya, saat ini masih banyak pengusaha kuliner yang menutup mata dengan
fungsi lain dari kemasan makanan.
Karena akan banyak keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan packaging makanan yang di desain semenarik
mungkin. Pada saat ini hal yang paling pertama kali di perhatikan
konsumen untuk adalah melihat dulu kemasan,
kemudian rasa dari makanan tersebut dan
bentuknya karena kemasan yang tampak
secara nyata. Hal itu jelas harus menjadi perhatian khususnya bagi para
pengusaha kemasan makanan untuk menampilkan desain-desain
yang menarik dan menjual berbagai macam jenis kuliner saat ini.
Banyak kemasan makanan yang tidak standar, seperti tidak memenuhi aspek estetika
atau keindahan, ergonomis atau mudah dipegang, dan faktor keamanan produk. Kemasan makanan masih banyak dibuat apa adanya, tidak ringkas, dan tidak
sedikit yang menggunakan kemasan yang berbahaya atau tidak aman untuk mengemas
makanan, ini semua dikarenakan kurangnya edukasi dan pengetahuan seputar kemasan makanan yang baik.
Tidak
sedikit pengusaha kuliner yang enggan untuk membenahi kemasan disebabkan masalah biaya dan mereka tidak tahu harus
mencari ke mana untuk membuat kemasan makanan yang lebih bagus dan aman
untuk mengemas makanan mereka. Greenpack adalah salah satu perusahaan kemasan makanan berbahan food grade paper yang mampu
memberikan pelayanan seputar packaging makanan untuk pengusah kuliner,
kami juga akan membantu memberikan informasi tentang box makanan yang baik untuk mengemas makanan-makanan terbaik anda.
Greenpack Kemasan Makanan 5 Sekat |
Starategi
Pemasaran Melalui Kemasan
Kemasan makanan merupakan media pemasaran dalam menginformasikan produk.
Pada kemasan terdapat beberapa informasi yang sangat mendukung bagi orang yang
pertama kali melihatnya seperti rasa, berat, waktu kadaluarsa dan informasi
lainnya.
Sebelum
kita menggunakan kemasan sebagai
media dan strategi pemasaran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan
ciri-ciri desain kemasan produk yang bisa menjual yaitu :
1.
Dapat menciptakan daya tarik
bagi konsumen
Tidak
perlu membuat desain kemasan makanan produk yang mahal, yang pasti kemasan anda dapat menimbulkan
rangsangan bagi konsumen untuk membuat pertimbangan membeli produk anda.
2.
Cepat dikenali oleh konsumen.
Artinya
desain kemasan makanan yang dibuat
harus langsung dapat ditangkap maksudnya oleh konsumen tanpa harus berpikir
terlalu lama. Misalnya jika produk tersebut adalah martabak, maka martabak
tersebut harus tampak menonjol pada desain kemasan makanan. Sehingga begitu konsumen lihat produk tersebut, mereka langsung
mengenali bahwa produk tersebut adalah martabak, bukan donat.
Memang kemasan makanan kini
disadari oleh pelaku usaha bukan lagi hanya memiliki fungsi melindungi dan
membungkus produk. Persaingan produk yang semakin ketat di pasar mengharuskan
produsen untuk berfikir keras meningkatkan fungsi kemasan untuk dapat memberikan daya tarik kepada konsumen melalui
aspek artistik, warna, grafis, bentuk maupun desainnya. Banyak konsumen yang
membeli secara sadar akan suatu produk karena tertarik pada suatu produk karena
alasan warna, bentuk dari kemasan.
Belum lagi konsumen yang membeli karena impulse buying, gara-gara menariknya
desain, atau bentuk kemasan suatu
produk. Sehingga kemasan menjadi sangat efektif untuk mendorong konsumen
membeli suatu produk.
Melalui kemasan makanan tersebut kesan (image)
produk juga dapat dibentuk misalnya image
sebagai produk yang kokoh, awet, mewah atau tahan lama. Sehingga konsumen akan
memilih produk tersebut karena sesuai dengan syarat yang akan dibeli misalnya
produk yang tahan lama, tidak mudah rusak dan terjaga kualitasnya.
Greenpack Kemasan Makanan Tahan Sampai 7 Susunan |
Konsumen seringkali membeli
suatu produk tidak untuk segera dikonsumsi tetapi untuk persediaan, sehingga ia
membutuhkan produk yang terlindungi secara baik isinya, dari kerusakan,
berkurangnya isi dan pengaruh cuaca. Dari sisi distribusi, kemasan makanan juga
memegang peranan penting karena dengan kemasan makanan akan mudah disusun, dihitung, ditangani dan disalurkan secara lebih
baik dan cepat. Kemudahan dalam distribusi menjadikan kemasan makanan didesain
tertentu dan dengan ukuran yang mudah untuk dipindahkan dari suatu tempat ke
tempat lainnya.
Komentar
Posting Komentar